Ngemil Cokelat Bisa Memperbaiki Daya Ingat



Susah mengingat-ingat alias lemot adalah sifat yang menjengkelkan, apalagi saat sedang dituntut untuk berpikir cepat. Namun penelitian menunjukkan bahwa hal itu kini bisa diatasi dengan cara yang menyenangkan yakni ngemil cokelat.

Ngemil Cokelat Bisa Memperbaiki Daya Ingat [ www.BlogApaAja.com ]

Memang belum dibuktikan pada manusia, namun setidaknya penelitian pada siput sudah menunjukkan manfaat cokelat dalam memperbaiki fungsi otak. Bisa dibayangkan bahwa siput yang terbiasa lemot saja bisa jadi lebih cepat, apalagi kalau diterapkan pada manusia.

Pada siput, senyawa

epicatechinatau disingkat

epiyang terkandung dalam cokelat hitam terbukti mampu mempengaruhi sistem saraf. Senyawa flavanoid ini membuat kerja otak jadi lebih maksimal sehingga lebih mudah untuk disuruyh mengingat-ingat hal baru.

Dalam penelitian ini, siput jenis

Lymnaea stagnalisdimasukkan dalam air yang dikondisikan kekurangan oksigen. Normalnya siput bernapas dengan kulit, namun dalam kondisi kekurangan oksigen akan memanfaatkan tabung pernapasan atau pneumostomes.

Namun oleh para peneliti, siput-siput ini dilatih untuk tidak cepat-cepat membuka tabung pernapasannya. Caranya dengan mengetuk cangkangnya ketika organ ini sudah mulai dibuka oleh para siput yang secara naluriah berusaha mengambil oksigen lebih banyak.

Ada perbedaan respons pelatihan ketika para peneliti memberikan senyawa

epipada sekelompok siput. Dibanding kelompok yang tidak diberi senyawa

epi, kelompok siput yang pertama jadi lebih cepat mengingat aktivitas tunggal yang diajarkan yakni untuk tidak membuka tabung pernapasan.

"Kami ingin melihat bahwa

epipunya pengaruh langsung ke saraf memori, dan efek kognitif dari setengah potong cokelat hitam juga bisa memperbaiki daya ingat Anda. Kabar baik untuk penggemar cokelat di seluruh dunia," kata Dr Ken Lukowiak dari

University of Calgaryyang melakukan penelitian ini seperti dikutip dari

Dailymail.

Follow On Twitter